Ponsel Cina

Cerita sedikit sob, ketika saya berkunjung ke konter handphone teman saya, saya melihat ada seorang pelanggan datang dengan membawa handphonenya, dia berkata kepada teman saya " Pak ini Hp (handphone) saya kenapa ya?", kemudian dengan sigap teman saya balik bertanya " kenapa bagaimana pak ?", lalu dia menceritakan kisah Hpnya yang naas itu. Handphone yang dia bawa adalah salah satu produk Handphone Cina.

Dilihat dari tampang dan kendaraannya dia bukanlah orang yang mapan, ya bisa di bilang golongngan menengah kebawah, saat saya mendengarkan ceritanya entah kenapa hati saya iba mendengarnya hiks2"!! Dia bercerita bagaimana perjuangannya membeli Hp itu, dan Hp itu digunakan bersama istrinya, alias satu Hp berdua ( yang ada sepiring berdua).

Setelah panjang lebar dia bercerita mengenai Hpnya yang rusak, teman saya dengan tenangnya berkata " maap pak Hp ini tidak ada spare partnya jadi susah untuk memperbaikinya, dan resikonya Hp bapak bisa mati total".
Waaaa, saya juga kaget mendengatnya, dalam hati saya berkata ( kasian ney bapak, andaikan saya orang kaya saya pasti belikan Hp yang baru) dan maslahnya saya juga orang susah sedih. Dengan penuh kecewa bapak itu meninggalkan ruang sidang, eh salah meninggalkan konter Hp teman saya.

Dari pengalaman bapak itu saya ingin menyarankan bagi sobat yang doyan dengan handphone cina agar lebih hati-hati memilih. Belum tentu hape cina itu tidak bagus, tetapi yang namanya barang buatan manusia pasti ada kekurangan dan kelebihannya.

Kelebihannya adalah 
• Yang pasti dari segi harga lebih murah dibandingkan dengan produk-produk terkenal.
• Fitur-fitunya termasuk lengkap dan canggih
• Desainnya mirip dengan merek terkenal, biasa dibilang copy paste edit kembali.
• Kebanyakan produk handphone cina menutupi kekurangannya dengan memberikan memory dengan kapasitas besar.

Kekurangannya adalah
• Garansi terbatas.
• Daya tahan yang kurang teruji
• Harga jual kembali tidak stabil atau bisa-bisa tidak laku dijual
• Cepat panas digunakan pada saat menelpon, bisa-bisa telinga kita jadi telinga goreng hehe.!!
• Dukungan software yang kurang Maksimal.
• Sering eror.

Dari keterangan di atas jelas kita harus selektif dalam memilih, dan tidak semua Hp cina tidak berkualitas. Nah ini ada beberapa tips memilih handphone cina dari Lembaga Perlindungan Konsumen Bali.

• Pastikan merk ponsel cina tersebut dilindungi garansi resmi dari produsen ponsel, pemilik merk 
  atau distributor resminya, bukand ari toko penjual.
• Pastikan lama garansi ponsel cina tersebut mencukupi, setidaknya selama satu tahun.
• Pastikan sentra servisnya ada, beroprasi pada jam-jam kerja normal, berlokasi di kota-kota utama di Indonesia tidak hanya di Jakarta.
• Perhatikan ketersediaam suku cadang atau spare partnya.
• Perhatikan material, konstruksi, warna dan finishing. Bila terkesan amat ringkih lupakan saja.
• Periksa paket pembelian standar dan kelengkapan aksesoris.
• Ponsel yang di jual di Indonesia harus dilengkapi sertifikat dari Ditjen Postel dan dilengkapi pula dengan buku manual berbahasa Indonesia atau bahasa yang bisa anda mengerti.
• Bila anda memutuskan untuk membeli ponsel cina tersebut, lakukan test dahulu di hadapan penjualnya, untuk memastikan kinerja sesuai ekspektasi anda, termasuk hal yang paling sederhana sekalipun, seperti fungsi tombol, signal, lampu dll.

Sebagai konsumen kita harus menempatkan ketelitian dan kehati-hatian paling atas, jika itu anda no duakan jangan menyesal di akhir cerita hehhehe!!

Sekian dulu sob, semoga bermanfaat!!
Keep smile dan keep ponsel walking ( artinya apa cobaaa ). 


cari artikel lainnya, klik yang di bawah



Tolong tinggalkan komentar, kritik, saran sobat, atau hanya sekedar menyapa heeee, di kolom komentar di bawah ini.

2 komentar:

Frans Enriko Siregar mengatakan...

benar tu mas, kbnyakan kn orang bli hhape2 cina nii krna hrgany murah, pdhal kualitasny blum tntu...
aq seh tkut bli hpe cina tu, hohohohooo :h:

chuckySharpeye mengatakan...

@fransenrikosiregar bener sob... tp masih ada juga yang bagus tp tidak sebagus merk terkenal, jaman skr yang penting kan kualitas, dr pd beli hp murah tp umurnya cuman 3 bulan mending beli yang lebih bahal dikit tp kualitasnya bagus dan umurnya pun bisa lebih 3 tahun.. hehehheh!!

terima kasih kunjungannya bozzz!!
salam kenal ..,,

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n: :o: :p:

Posting Komentar

Komentar Terakhir!!

Sahabat Blogers

Top Komentator