Cara Membuat Rumput

Rumput

Objek rumput merupakan rangkaian susunan objek yang sangat banyak, ada banyak teknik dalam 3DS Max untuk membuat objek rumput, misalnya dengan tekstur images yang hasilnyapun tidak begitu sempurna, karena kita hanya menempelkan gambar rumput dalam sebuah objek. Disini kita akan belajar membuat tekstur rumput yang kesannya lebih nyata.


1. Dari viewpot top (tekan T) kemudian klik tab Create, pilih Geometry, buat objek plane, buat dengan ukuran sembarang saja beri nama Tanah, kemudian buka tab modify dan atur parameternya length = 200, width = 200, Lengh Segs = 20, dan Width = 20.


2. Tetap di poisi viewport top, klik tab create, buat objek Cylinder, beri nama Rumput, buka tab modify atur parameter radius = 12, Height = 60, Height Seg = 3, Cap Seg 1, Sides = dan Smooth ON.

3. Pastikan Objek rumput masih terpilih, pada tab modify, beri Modifer Taper, dan atur  Amount = 2 dan Curver = -2.



 Modifer Taper adalah sebuah modifikasi yang berfungsi untuk membuat suatu objek 3D dapat menjadi cembung atau cekung.

4. Tetap pada objek rumput, klik tab Create, klik Geometry, lalu pilih Compund Objects, klik Scatter, klik  Pick Distribution Object, kemudian pilih tanah, jika bingung tekan "H" pilih tanah.

5. Atur parameternya di kategori Source Object Parameter : Duplicate 600, Vertex Chaos = 8. Pada kategori Distributions Object Parameters pilih  Randon Feces.

6.Sekarang kita akan memberikan warna pada objek tanah dan rumput, tekan M, pilih salah satu slot material
 untuk tanah, klik Diffuse beri warna hijau ke coklat-coklatan ( red = 58, Green = 60, Blue = 0 ), lalu close. Untuk memasukan materialnya kedalam objek, pastikan objek tanah terpilih, atau tekan  H untuk memilih objeknya, lalu klik  Assign Material to Editor



Kemudian klik slot untukRumput beri warna hijau muda ( Red = 78, Green = 237, Blue = 0 ), klik close, lalu pada Shader  Basic Parameter pilih Wire.Kemudian pilih Rumput dan tekan  Assign Material to Object.

8. Pilih Viewport Perspektive, klik menu rendering, kemudian render atau tekan F10 kemudian render, atau  F9. Maka akan terlihat hasil akhirnya seperti ini :

Hasil jadi rumput








Catatan
Fitur Scatter pada dasarnya menduplikat atau menggandakan objek 3D, oleh sebab itu cukup memakan kinerja komputer anda, apabila spesifikasi komputer anda kurang optimal, saya sarankan mengurangi keseluruhan nilai yang anda masukkan tadi, misalnya anda menguranginya 50% atau setengah dari nilai yang anda masukkan tadi.Dan seperti biasa saran saya di coba-coba saja,


cari artikel lainnya, klik yang di bawah



Tolong tinggalkan komentar, kritik, saran sobat, atau hanya sekedar menyapa heeee, di kolom komentar di bawah ini.

1 komentar:

zuperbe mengatakan...

klo tanaman rambat pake helik sbg path trus dirandom objek daunnya bisa ga ya suhu? pake tools apa?

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n: :o: :p:

Posting Komentar

Komentar Terakhir!!

Sahabat Blogers

Top Komentator