![]() |
Objek rumput merupakan rangkaian susunan objek yang sangat banyak, ada banyak teknik dalam 3DS Max untuk membuat objek rumput, misalnya dengan tekstur images yang hasilnyapun tidak begitu sempurna, karena kita hanya menempelkan gambar rumput dalam sebuah objek. Disini kita akan belajar membuat tekstur rumput yang kesannya lebih nyata.
1. Dari viewpot top (tekan T) kemudian klik tab Create, pilih Geometry, buat objek plane, buat dengan ukuran sembarang saja beri nama Tanah, kemudian buka tab modify dan atur parameternya length = 200, width = 200, Lengh Segs = 20, dan Width = 20.
2. Tetap di poisi viewport top, klik tab create, buat objek Cylinder, beri nama Rumput, buka tab modify atur parameter radius = 12, Height = 60, Height Seg = 3, Cap Seg 1, Sides = dan Smooth ON.
3. Pastikan Objek rumput masih terpilih, pada tab modify, beri Modifer Taper, dan atur Amount = 2 dan Curver = -2.
Modifer Taper adalah sebuah modifikasi yang berfungsi untuk membuat suatu objek 3D dapat menjadi cembung atau cekung.
4. Tetap pada objek rumput, klik tab Create, klik Geometry, lalu pilih Compund Objects, klik Scatter, klik Pick Distribution Object, kemudian pilih tanah, jika bingung tekan "H" pilih tanah.
5. Atur parameternya di kategori Source Object Parameter : Duplicate 600, Vertex Chaos = 8. Pada kategori Distributions Object Parameters pilih Randon Feces.
6.Sekarang kita akan memberikan warna pada objek tanah dan rumput, tekan M, pilih salah satu slot material
untuk tanah, klik Diffuse beri warna hijau ke coklat-coklatan ( red = 58, Green = 60, Blue = 0 ), lalu close. Untuk memasukan materialnya kedalam objek, pastikan objek tanah terpilih, atau tekan H untuk memilih objeknya, lalu klik Assign Material to Editor

Kemudian klik slot untukRumput beri warna hijau muda ( Red = 78, Green = 237, Blue = 0 ), klik close, lalu pada Shader Basic Parameter pilih Wire.Kemudian pilih Rumput dan tekan Assign Material to Object.
8. Pilih Viewport Perspektive, klik menu rendering, kemudian render atau tekan F10 kemudian render, atau F9. Maka akan terlihat hasil akhirnya seperti ini :
![]() |
1 komentar:
klo tanaman rambat pake helik sbg path trus dirandom objek daunnya bisa ga ya suhu? pake tools apa?
Posting Komentar