Membuat Bola 3Dimensi

Sedikit cerita sob, pagi ini saya sengaja nyari udara segar di taman kota, saya melihat banyak sekali orang yang lari pagi, atau melakukan olah raga lainnya, nah yang menarik perhatian saya adalah sekumpulan anak kecil yang semangat bermain bola. Nah, dari sana saya berfikir untuk membuat tutorial ini, walaupun tidak seberapa, tetapi kan lumayan bisa berbagi sama teman-teman yang baru belajar 3DS Max Seperti saya ini. Youx dagh, langsung aja kita belajar membuat bola 3 dimensi di 3DX Max.

gambar tab


Bukalah tab Create, > geometry, klik  tulisan Standard Primitives dan ubah menjadi Extended Primitive, kemudian pilih Hedra. buatlah objek hedra dari viewport top atau tekan T, buatlah objek hedra dengan ukuran sembarang saja, untuk ukurannya nanti kita atur.

Sekarang buka Modify di roolout Family pilih  Dodec/Icos,  kemudian pada Family Parameters ubah nilai P : 0,35 dan Q : 0.1.
Roolout Parameter



Di kategori Vertices  klik Center & Sides,  Radius : 56 . jika Vercites tidak terlihat di layar, geser sedikit mouse hingga membentuk gambar tangan lalu klik drug untuk menggeser parameternya.

Vertices

Kemudian klik Modiffer List dan pilih Spherify, adalah modiffer yang berfungsi mengubah bentuk suatu objek agar terlihat lebih bundar.
Setelah itu klik Modiffer List lagi sekali dan pilih Smooth, adalah modiffer yang membuat suatu objek tampak lebih halus. Kemudia pilih Auto Smooth.


Modiffer List : Smooth & Spherify


Coba pindankan viewport sobat menjadi Perspective tekan "P" kira-kira hasilnya akan menjadi seperti ini :

Perspective Viewport

Mungkin ada diantara sobat yang bertanya kenapa tidak seperti gambar yang paling atas, ini belum selesai sampai disini saja, kita masih perlu menambahkan material atau pewarnaan. Untuk lebih jelasnya Material dan Mapping akan saya jelaskan di postingan berikutnya. Untuk kali ini ikuti saja langkah - langkahnya.

Selanjutnya tekan "M" untuk menampilkan jendela Material Editor, klik salah satu slot kosong yang berbentuk bulat, klik Standar kemudian ubah menjadi  Multi/Sub-Object, yang berfungsi memberikan lebih dari satu macam warna atau material dalam satu slot.

Material editor

Bila muncul jendela Replace Material klik , kemudian klik kotak Set Number dan rubah Nomor of Material = 3, ubah Material ID 1 menjadi warna merah tua ( Red = 141, Green = 0, Blue = 0 ), Material ID 2 menjadi warna putih ( Red = 255, Green = 255, Blue = 255 ). dan Material ID 3 warna hitam ( Red = 0, Green = 0, Blue = 0 ).


Multi / Sub Object

Pilih objek bola lalu klik tombol  Assign To material to Selection, tekan F10 untuk memunculkan window Render Scene kemudian klik Render yang ada di pojok kanan bawah.
Maka akan di dapat hasil seperti ini jika sudah di isi pencahayaan., untuk mengetahui cara memberikan pencahayaan klik disini

hasil akhir

Jika ada yang kurang dimengerti atau ada kritik dan saran silahkan melalui kolom komentar dibawah.


cari artikel lainnya, klik yang di bawah



Tolong tinggalkan komentar, kritik, saran sobat, atau hanya sekedar menyapa heeee, di kolom komentar di bawah ini.

2 komentar:

Asyrofunnahar mengatakan...

wow mantap :o:
sangat inspiratif

chuckySharpeye mengatakan...

@Asyrofunnahar wah makasi bossss, terima kasih kunjungannya hehehehehehhe :h:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n: :o: :p:

Posting Komentar

Komentar Terakhir!!

Sahabat Blogers

Top Komentator