Membuat Pencahayaan Indirect Illumination

Indirect Illumination adalah efek pencahayaan yang menghasilkan efek natural atau asli yang memberi kesan lebih nyata, karena cahaya yang mengenai setiap objek akan dipantulkan kembali. Sebenarnya banyak tekhnik pencahayaan dalam 3DS Max, namun secara umum yang pernah saya pelajari dibagi menjadi dua bagian yaitu pencahayaan secara tidak langsung atau lebih dikenal "Indirect Illumination" (yang akan saya bahas sekarang ), dan pecahayaan langsung atau satu arah atau nama kerennya "Direct Illumination".


Tekhnik Indirect Illumination  adalah tekhnik pencahayaan yang sebenarnya terjadi di kenyataan, dimana cahaya mengenai permukaan suatu objek akan dipantulkan kembali oleh objek tersebut sehingga akan didapat pencahayaan yang merata dan menyebar keseluruh permukaan objek yang terkena pantulan cahaya tersebut.

Dalam 3D Max kita mampu membuat objek yang kita buat menjadi lebih nyata dengan rendering Skylight dengan tipe Advanced Lightning Light Tracer.


Yang pertama harus meyiapkan objek, misalnya saya memakai objek bola yang pernah saya bahas di postingan saya yang berjudul Membuat Bola 3Dimensi (bisa di klik kox heeee).


Setelah sobat menyiapkan objek yang akan kita beri efek pencahayaan, klik tab Create > Lights, kemudian pilih Skylight taruh saja disembarang tempat, karena poisi viewport tidak berpengaruh penyebaran cahayanya. Fungsi Skylight ini seperti matahari yang mempu menyinari seluruh isi alam semesta.




Berikutnya buka tab Modify, maka disana akan terlihat Skylight Parameter, disini saya tidak mengharuskan sobat mengisi  jumlah dari bagian para meter tersebut, tetapi saya akan menjelaskan sedikit bagian penting dari Skylight Parameter.

  • On : untuk mematikan dan menghidupkan efek Sky Light
  • Multiplier : nilai kekuatan bias cahaya yang akan dikeluarkan, semakin tinggi nilai Multiplier maka semakin terang cahayanya dan juga akan semakin berat kinerja komputer sobat. Saran saya jika objek sobat sedikit lebih baik biarkan dalam keadaan default.
  • Use Scene Environment : adalah penggunaan efek cahaya dari environment yang dipakai, untuk menampilkan Environment tekan "8" atau cari menu Rendring > Environment.
  • Sky Color :  Warna cahaya bisa disesuaikan dengan kebutuhan, caranya klik kotak yang ada disebelah Sky Color.
  • Cast Shadow : bayangan dari hasil hasil Sky Light
Skylight Parameters


Untuk kali ini saya melakukan settingan seperti gambar Skylights Parameters diatas.
Setelah sobat mensetting parameternya sekarang pilih menu Rendering  > Render , kemudian klik tab Advance Lighting, klik  pilih Light Tracer, biarkan saja dalam keadaan default.

Pilih Light Tracer

Setting Default Light tracer

Kembali ke tab Common  di jendela Render Scene sobat bisa mengatur Output Sizenya menjadi lebih kecil, karena fitur Light Tracer kalkulasi waktunya cukup lama pada saat merender, jadi sobat harus sabar menunggu jika menggunakan ukuran yang besar. Untuk kasus ini saya hanya menggunakan ukuran Width 
:300 dan Height : 200 karena hanya untuk tampilan di blog, heheheh!!

tab Common : Output Size.

Jika sudah klik Render yang ada di pojok kanan bawah, dan hasilnya akan seperti ini,
Design Bola

dan ini hasil lebih dari pada satu objek

Papan catur
Catatan :

  • Saran saya agar objek yang dibuat memiliki dasar, misalnya seperti lantai, agar pantulan bayangan terlihat.
  • Skylight bisa juga di kombinasikan dengan elemen Pencahayaan  yang lainnya atau di buat duah buah Skylight agar dapat menambah kesan cahayanya, tetapi harus di sesuaikan juga, dengan objek dan yang terpenting dengan komputer sobat.
  • Untuk mendapatkan tingkat cahaya yang lebih terang bisa juga melalui tab Advance Lighting di jendela  Render Scene, ubah nilai Global Multipliernya.
Bagi para pemula seperti saya jika ada yang kurang jelas silahkan bertanya, dan bagi para master dimohon kritik dan sarannya, jika ada kesalahan mohon dikoreksi :D


cari artikel lainnya, klik yang di bawah



Tolong tinggalkan komentar, kritik, saran sobat, atau hanya sekedar menyapa heeee, di kolom komentar di bawah ini.

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n: :o: :p:

Posting Komentar

Komentar Terakhir!!

Sahabat Blogers

Top Komentator